Makhluk Didalam metologi SLAVIA

| Jumat, 18 Januari 2013
1.Alkonost






Alkonost itu adalah burung legendaris dalam mitologi slavia. berbadan burung dan kepala perempuan. nama Alkonost berasal dari nama dewi yunani, Alcyone yang diubah menjadi burung kingfisher.
Alkonost berkembang biak dengan bertelur di tepi pantai dan telurnya di hanyutkan ke laut. laut yang diteluri itu menjadi tenang dalam 6-7 hari, saat telur mulai menetas, datanglah badai..
konon alkonost tinggal di surga dan turun ke bumi untuk menyampaikan pesan. suaranya sangat indah, siapapun yang mendengarnya bisa melupakan semuanya..

2. Terasque



Tarasque itu sejenis naga yang mempunyai 6 kaki pendek kayak beruang. badannya mirip sapi, tapi punya cangkang kura2. ekornya bersisik, ujungnya sengat kayak kalajengking. kepalanya mirip singa.

Jaman dulu, raja dari Nerluc menyerang tarasque dengan catapult dan prajurit2nya, tapi ga berhasil. pada suatu hari, Saint Martha menemukan monster ini lalu menjinakkannya dan membawanya ke kote, warga yang ketakutan menyerang tarasque, tapi dia tidak melawan, akhirnya mati ditempat. setelah dijelaskan oleh martha, warga merasa bersalah, terus nama kota itu diubah jadi "Tarascon"

3. Baba Yaga



Sejenis nenek sihir, kata baba artinya nenek, yaga dalam norse kuno bisa diartiin sakit. berarti baba yaga tu artinya 'nenek2 sakit'
Di rusia, baba yaga digambarkan sebagai nenek sihir yang terbang naik mortar (wadah yang buat bikin sambel) ama pengaduknya.
dia tinggal di pondok kayu yang berjalan2 pake kaki ayam

4. Curupira


Makhluk supernatural penjaga hutan di mitologi Tupi di Brazil.
biasanya bentuknya mirip manusia, rambutnya kayak api, yang paling aneh yaitu.. kakinya kebalik!

5. Clurichaun



Peri dari Irlandia yang menyerupai Leprechaun. 
Clurichaun selalu mabuk. tidak seperti saudaranya, mereka tidak ramah dan berwajah masam. clurichaun suka menunggangi domba dan anjing pada malam hari. jika kamu memperlakukan dia dengan baik, dia akan melindungi gudang aggurmu, tapi jika salah memperlakukannya, mereka akan membuat kekacauan dirumahmu dan merusak stok anggurmu. Dia seorang pemabuk yang mengganggu, seorang yang tidak jujur dan pencuri anggur.jika korbannya mencoba pergi, clurichaun akan masuk ke dalam tas / tong milik korban dan membuntutinya.
  
6. Korrigan 



Namanya berarti "kurcaci-kecil". mereka sangat cantik jika dilihat pada waktu senja atau malam hari, tapi saat siang hari mata mereka merah, rambutnya memutih, dan kulitnya berkeriput. sehingga mereka tidak ingin dilihat saat siang.Mereka benci pendeta dan gereja. mereka bisa meramalkan masa depan, berubah bentuk, dan bergerak secepat kilat. mereka suka menghantui air mancur dan sumur. di beberapa kisah populer, mereka sangat ingin menipu manusia yang melihat mereka menari atau mengurus harta, dan suka mencuri anak-anak manusia. Pada malam tanggal 31 Oktober, mereka dikatakan bersembunyi dekat dolmen, menunggu korban.

7. Wendigo





Wendigo adalah makhluk mistis yang muncul dalam mitologi algonquian. dia adalah roh kanibal yang berasal dari manusia, atau yang bisa merasuki manusia. seluruh legenda tentang wendigo mengatakan bahwa manusia bisa berubah menjadi wendigo jika mereka pernah terlibat kanibalisme, atau bisa juga karena kerasukan roh iblis dari wendigo. jika berubah, manusia tersebut tidak bisa kembali ke wujud asal mereka dan menjadi terobsesi untuk memakan daging manusia lain. penyebab yang paling umum sebenarnya adalah manusia yang terpaksa melakukan kanibalisme, memakan tubuh manusia lain untuk bertahan hidup dalam masa kesulitan atau kelaparan yang ekstrim.


8. Naiad



Dalam mitologi yunani, Naiad atau naiades artinya mengalir, mereka sejenis Nymph yang mengawasi sekitar gunung, air terjun, sumur, mata air, dan sungai.mereka adalah roh kuno yang menghuni iar di rawa, kolam, dan danau.
Naiad sangat terikat dengan mata air yang ditinggalinya, jadi jika air yang ditinggali mengering, dia akan mati.
naiad bisa dikatakan berbahaya, dalam cerita, Hylas menghilang saat ia dibawa olah naiad karena terpesona oleh kecantikannya.

9. Ahuizotl





Berbentuk seperti berang-berang, dengan tangan yang dapat digunakan untuk memanipulasi dan tambahan tangan di ekornya, ditakuti karena dia menyukai daging manusia, terutama bagian kuku, mata dan gigi. dia menggunakan tangan di ujung ekornya untuk menangkap mangsanya.


10. Skadi



Berasal dari mitologi nordik, skadi itu dewi yang terkait dengan perburuan, ski, musim dingin, dan pegunungan.dari semua sumber, Skadi adalah anak dari almarhum Þjazi, dan Skadi dinikahkan dengan dewa njordr sebagai hukuman yang diberikan oleh para dewa karena membunuh ayahnya, Þjazi. Pada akhirnya, skadi berpisah dengan njordr dan menikah dengan dewa Odin, dan mereka berdua memiliki banyak anak.
  
11. Ankou



Karakter ini dilaporkan oleh Anatole Le Braz, seorang penulis dan pengoleksi legenda pada abad ke 19. Ini yang dia tulis tentang ankou di buku best-sellernya "The Legend of the Death":
Banyak cerita tentang ankou yang menggambarkan orang berjubah dan membawa sabit, biasanya berada diatas gerobak dan mengumpulkan orang mati. Menurut versi lainnya, ankou adalah orang mati pertama pada tahun ini, dibebankan dengan mengumpulkan orang mati lain sebelum dia bisa pergi ke alam baka. 


12. Rusalka


Dalam Slavic Mythology,Rusalka adalah hantu wanita yang tinggal di perairan. Menurut beberapa cerita rakyat,Rusalka adalah wanita setengah ikan yang tinggal di dasar sungai,pada tengah malam,ia keluar dari sarangnya dan menari di padang rumput,mereka memancing manusia untuk ikut ke dasar sungai dengan lagu dan tariannya yang memukau untuk hidup bersama mereka. Menurut cerita mitologi, mata rusalka menyala seperti api berwarna hijau, rambutnya berwarna kehijauan dan selalu basah. Jika rambut rusalka kering, maka ia akan mati. Dalam versi lain,suara tawanya jg bisa mengakibatkan kematian.


13. Leak dan Rangda




Rangda adalah ratu dari para leak dalam mitologi Bali. Makhluk yang menakutkan ini diceritakan sering menculik dan memakan anak kecil serta memimpin pasukan nenek sihir jahat melawan Barong, yang merupakan simbol kekuatan baik. Rangda digambarkan sebagai seorang wanita dengan rambut panjang yang acak-acakan serta memiliki kuku panjang. Wajahnya menakutkan dan memiliki gigi yang tajam.
Sedangkan Leak adalah penyihir jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup
Diceritakan juga bahwa Leak dapat berupa kepala manusia dengan organ-organ yang masih menggantung di kepala tersebut. Leak dikatakan dapat terbang untuk mencari wanita hamil, untuk kemudian menghisap darah bayi yang masih di kandungan.


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
simple girl | SMK N 3 Denpasar | 02061997 | X AP.E

Popular Posts

▲Top▲