new

| Jumat, 18 Januari 2013

Seputar Leak dan Berbagai Hantu di Bali

hantu leak baliHantu leak Bali adalah sejenis hantu yang sangat terkenal di Bali, hantu ini sangat ditakuti oleh masyarakat Bali. Hantu leak adalah perwujudan manusia biasa yang menganut ilmu hitam, hantu leak memiliki sifat kanibal memakan daging sesamanya (manusia). Untuk meningkatkan kemahirannya dalam ilmu hitam, setiap malam hantu leak akan berkeliaran untuk mencari daging wanita hamil atau anak bayi.
Di Bali ada tiga jenis dari hantu ini, yaitu dua leak perempuan dan satu leak laki-laki. Leak Bali memiliki kemampuan untuk berubah menjadi ratu ilmu hitam yang bernama Rangda. Leak akan menghantui proses dan kegiatan dalam pemakaman masyarakat Bali, selain itu dia juga memakan mayat. Hantu ini pintar sekali menyamar, dia dapat merubah wujud menjadi binatang seperti tikus, monyet besar, dan berbagai macam hewan lainnya. Leak Bali memiliki bentuk rupa yang sangat mengerikan dengan lidah yang sangat panjang dan taring besar.
Di siang hari leak muncul sebagai seorang manusia biasa pada umumnya, tapi pada malam hari kepalanya dan isi perut mereka keluar dan terbang di sekitar daerah perkampungan untuk menemukan mangsanya. Satu-satunya musuh yang kuat dan ditakuti oleh hantu leak Bali adalah Barong, karakter dalam mitologi Bali. Barong adalah raja dari roh-roh yang memiliki sifat baik.
Legenda Leak di Bali berasal dari sebuah naskah drama yang ceritanya sangat mengerikan yang ditulis pada masa pemerintahan Erlangga (abad ke 11). Naskah drama ini bercerita tentang adanya seorang janda yang bernama Calon Arang yang hidup di desa Girah bersama seorang putrinya yang cantik. Putrinya diberinya nama Ratna Manggali. Walaupun memiliki wajah yang cantik, tapi tidak satu pun pemuda yang mau mendekati Ratna Manggali. Hal ini karena ibunya diketahui memiliki ilmu hitam, dan dengan sikap buruk itu menyebabkan banyak orang tidak menyukainya.
Berita tentang Calon Arang dan anaknya ini mencapai istana. Beberapa prajurit mengusulkan raja agar menghukum janda ini. Setelah mendapatkan izin, para prajurit menemui Calon Arang yang sedang tidur di rumahnya. Karena kaget janda ini terbangun dan 2 bola matanya melotot dengan liar hingga mengeluarkan api dan membakar para prajurit. Beberapa prajurit berhasil melarikan diri dan melaporkan kejadian ini pada raja. Raja menjadi geram dan kehabisan akal untuk membasmi Calon Arang. Calon Arang tahu mengetahui semua ini ada campur tangan dari pihak istana. Janda ini sangat marah, kemarahannya menyebabkan bencana besar terhadap kerajaan.
Sampai saat ini masyarakat Bali meyakini bahwa Calon Aranglah yang berubah menjadi ratu Leak Bali. Sampai saat ini diyakini oleh masyarakat Bali bahwa banyak orang Bali yang menuntut ilmu hitam leak ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
simple girl | SMK N 3 Denpasar | 02061997 | X AP.E

Popular Posts

▲Top▲